Langsung ke konten utama

If We Hold On Together :D



If we hold on together
I know our dreams will never die
Dreams see us through to forever
Where clouds roll by, for you and I

Hello again:) Sudah lama sekali tidak menulis, terkadang butuh waktu untuk merenung, butuh waktu untuk merangkai kata, semua momen-momen indah berlalu setiap harinya, dari mulai perjuangan mengerjakan skripsi bersamaan dengan magang di LAPOR! UKP4 (Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan) dan LBH Jakarta, hingga 16 Desember 2014 itu berlalu (hari dimana dinyatakan resmi menjadi Sarjana Hukum (S.H) dari FHUI :D, 8 Februari 2014 Graduation Day :D Dimana dahulu hanya bahagia melihat semua orang merayakan kelulusannya dari kampus perjuangan, akhirnya Februari ini saya bisa merasakannya. Terima kasih ya Tuhan. Juga kejadian indah lainnya yang tidak bisa ditulis satu persatu.  
Semuanya indah, semuanya penuh perjuangan, penuh suka dan duka, tapi nyatanya semua berlalu dengan indah karena Tuhan yang selalu menyertai:) Beberapa pelajaran berharga yang bisa diambil sangat banyak, tapi saya mencoba merangkum 

Intern di LAPOR! UKP4
Bulan September-November saya mendapat program magang di LAPOR! UKP-PPP( Laporan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat, Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan). Pengalaman 3 bulan disana bisa dikatakan one of the best moment in 2013. Saya sebagai Participation Analyst. 

Terima kasih sudah boleh banyak belajar dengan tim Lapor! UKP4 selama 3 bulan kemarin. Terima kasih atas pelajaran berharga yang selama ini saya dapat di lapor, terlebih ttg handling complaint system yang dimiliki UKP4 sehingga memudahkan masyarakat melaporkan masalahnya, jadi paham mengenai struktur dan program-program eksekutif, (selama ini lebih banyak belajar yudikatif), serta bagaimana melayani masyarakat dengan baik, menindaklanjuti setiap laporan sampai tuntas, dan tidak lelah mem follow up terus K/L/D agar persoalan masyarakat selesai. 

Terima kasih sudah boleh menimba ilmu lewat rapat dengan K/L/D, TNP2K, Kemensos, Bulog, Kepolisian, dll  ikut dinas dengan Pemkot Bandung, dan segala pembelajaran lainnya dari Lapor. Semua itu sangat berguna dan tentunya akan menjadi bekal yang berguna kelak bagi masa depan saya. Saya akan selalu mengingatnya dan mengembangkan pembelajaran yang didapat disini. Saya juga belajar banyak dari pribadi mentor dan wakil Deputi disana yang rendah hati, bekerja sepenuh hati, mengutamakan pelayanan pada masyarakat dan terlebih pada Indonesia. Melihat sosok Pak Jon dan Pak Anto, membayangkan semua pejabat Indonesia seperti Bapak, pastilah Indonesia bisa menatap masa depan lebih cerah. Sebagai orang yang masih duduk di bangku kuliah waktu itu, mereka telah memotivasi diri saya agar kelak bisa seperti mereka yang rendah hati namun bekerja tiada lelah. Terima kasih sekali lagi.

Bersama Mas Gibran dan kak Adit, tim Participation Analyst, di depan Istana Negara


Intern LBH Jakarta
Magang di LBH Jakarta juga terasa sangat menyenangkan. Kami sering dilibatkan dalam kasus-kasus yang memang menjadi sorotan masyarakat. Mulai dari kasus pembunuhan pengamen Cipulir.  Pembunuhan Dewi Sartika seorang ibu yang membunuh anaknya sendiri yang masih berumur 43 hari. à Cerita singkat ada di laporan tersendiri. Tidak semuanya bisa saya publish karena beberapa kasus rahasia. Pelajaran yang bisa diambil yakni keadilan harus ditegakkan, seringkali mereka yang lemah tidak berdaya menghadapi para aparat. Masyarakat harus tahu apa yang menjadi hak-hak mereka, sehingga dapat memperjuangkannya. Karena hak setiap masyarakat dijamin oleh konstitusi, ada tanggung jawab negara didalamnya. 

Salah satu kasus yang saya ikuti selama 3 bulan magang di LBH Jakarta adalah kasus pembunuhan pengamen Cipulir (bisa dilihat ceritanya di internet) Sesungguhnya mereka bukan pembunuhnya tetapi mereka dipaksa untuk mengaku. Nyatanya banyak hal-hal yang sebelumnya aku tidak sangka ada di dunia ini, namun semuanya nyata. Banyak masyarakat yang tidak mendapat keadilan yang seharusnya berhak mereka dapatkan. Jika berminat bisa mention ke @esimaria atau email ke maria.anareswari@gmail.com :):)

Perjalanan semester 7 ini terasa begitu cepat.  
Senang sekali mengulang kembali momen-momen berharga ini. Tidak mau melewatkan momen begitu saja, sudah lama tak menulis maka mau mencoba merangkumJ It has been a long time sejak sidang tanggal 16 januari 2014, wisuda tanggal 8 februari 2014 dan momen-momen perjuangan lainnya yang aku rasakan. Everyday is a beautiful day.:) 

Sidang pendadaran menuju Sarjana Hukum, I'm officially Bachelor of Law on January, 16th 2014

Segala usaha, perjuangan, suka, duka semuanya dibuatNya indah pada hari ini.
Terima kasih Tuhan, orang tua dan teman-teman tersayang.
Hidup yang lebih 'nyata' menanti di depan mata.





Komunitas SPEAK

Pada bulan Januari akhir, saya ikut Komunitas SPEAK (Suara Pemuda Anti Korupsi), satu visi, satu rasa. Senang sekali bisa menemukan orang yang mempunyai visi sama. Teruslah keluar dari zona nyamanmu, maka kamu akan mendapat sesuatu yang tidak pernah kamu dapat sebelumnya dari hidupmu. Semoga kerja untuk raise awareness tentang isu anti korupsi selalu berjalan terus tanpa kenal lelah. 

Happy Graduation Day, Universitas Indonesia :) 

Tak terasa hari yang tidak pernah aku duga akan terjadi secepat ini sudah berlalu.
Momen orang tua, pidato Bang Alldo (mantan WaKaBEM FHUI) yang bikin sendu tiada duanya. Melihat teman-teman yang begitu semangat. Aku percaya Tuhan punya porsinya masing-masing. 




Momen-momen perjuangan sehabis ini,mencari kerja sampai akhirnya saya, Kania, Bang Andreas bisa bekerja di Satgas REDD+ UKP4. Senang bisa kembali ke tempat menyenangkan itu, siapa yang menyangka dahulu magang di UKP4 dan sekarang bisa kembali di bagian hukumnya. Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini. Tuhan selalu punya rencana indah untuk umatnya:)



Komunitas Sabang Merauke

Bergabung menjadi relawan Sabang Merauke (Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali) juga merupakan kegiatan menyenangkan yang saya lakukan.:) Bermula diajak teman-teman dari UKP4, kami bertemu banyak kakak-kakak yang sangat inspiratif, didirikan oleh teman-teman Pengajar Muda, mengajak seluruh anak Indonesia belajar di Jakarta selama 2 minggu, nantinya membawa nilai-nilai yang akan diceritakan ke daerahnya masing-masing. Masih banyak orang yang peduli dengan pendidikan di negeri ini, saya terdorong untuk menjadi bagian untuk berbenah demi Indonesia yang lebih baik. Komunitas ini memegang teguh nilai pendidikan, toleransi, ke Indonesiaan. Saya membantu dalam seleksi anak daerah yang akan datang bulan Juni nanti. Tidak sabar untuk bertemu anak-anak negeri yang kita cintai ini:)

Maybe we're different each other, in religion, ethnicity, etc. That's how God creates us in diversity, so we can complete each other:) Indonesia was like a miniature of the world. The main key is tolerance. It can't only be taught, we have to feel, experience, perceive it:) #Indonesia #SabangMerauke#tolerance #diversity

Enjoy Kalimantan with Cathlin Woenarso
Kakaban-Sangalaki-Maratua-Derawan Island, East Borneo How beautiful!


Enjoy Kiluan Island, Lampung

Bersama kak Ferdy, kak Rizal, kak Anggi, kak Bibul, kak Nova, kak Husein, kak Handre, Lia, kak Rizqa, kak Uwi, kak Reza di Dolphin Island, Kiluan Lampung. Indonesia is beautiful:)

Lomba Foto KPK: Perempuan Anti Korupsi

We won the photo competition, held by Corruption Eradication Commission/ @KPK_RI, to commemorate this #KartiniDay#women #anti #corruption. Taken by Sesa at #UKP4 office :D Happy Kartini Day to all great woman!

Kisah lainnya: facebook.com/esimaria, twitter.com/esimaria, instagram.com/esimaria

"Trust in the Lord with all your heart; do not depend on your own understanding. Seek his will in all you do, and he will show you which path to take" (Proverbs 3:5-6, NLT)

Terima kasih Tuhan untuk segala hal baik setiap harinya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISFIT Preparation

Semenjak pengumuman dr ISFIT Norway awal November lalu (saya ingat sekali tepatnya tanggal 4 November, saya sungguh hampir lupa saya pernah apply, saat itu saya sedang menginap di rumah teman saya Audrey sehabis bekerja hingga larut malam, saya sungguh tidak membayangkan ini terjadi tapi Tuhan membukakan jalan, semoga bisa mengerjakan dengan baik:D). Sebelumnya flashback sedikit tentang proses saya mendaftar. Saya mengetahui ISFIT dari beberapa teman di UI dan sahabat saya Septian yang menjadi delegasi ISFIT tahun 2013. Saat itu, saya melihat topik-topiknya, membaca websitenya di isfit.org. Sangat menarik. Topiknya berada di antara isu-isu sosial, politik, hukum, dan topik global lainnya. Cara seleksi untuk mengikuti ISFIT ini adalah dengan mengirim 2 esai (sebetulnya 3, tapi esai ketiga ini tidak wajib, dan itu jika ingin mendapat travel support, karena ISFIT hanya menanggung akomodasi dan transportasi selama disana, tiket pulang pergi dari negara tidak ditanggung). Karena samb

West-Central Java 2017

Cibinong-Raiser 2017 Tahun ini berkesempatan mengunjungi tempat ikan hias di Raiser (Pusat Pengembangan dan Pemasaran), Cibinong, sembari menyusun beberapa petunjuk teknis terkait kebijakan perlindungan HAM bersama rekan-rekan KKP. Tempat ini didirikan KKP dan LIPI sebagai upaya bersama pengembangan ikan hias di Indonesia. Alamat: Jalan Raya Bogor, Jakarta KM 47 Nanggewer, Cibinong http://lipi.go.id/berita/raiser-ikan-hias-cibinong-momentum-kebangkitan-bisnis-ikan-hias-indonesia/388 Sukamandi, Subang 2017 Momentum membahagiakan dan memberi motivasi bagi diri sebagai abdi negara saat mendampingi Staf Khusus menjadi pembicara di Balai Diklat Aparatur (BDA) Sukamandi, Subang.   Tempat ini juga merupakan salah satu balai riset KKP untuk penelitian udang galah, ikan lele mutiara, ikan nila srikandi, ikan mas mustika, ikan patin pasupati, gurame, dll. Lokasi: Patoek Beusi, Subang Pak Yunus dan induk lele 5 kg Pak Zulfikar dan Pak W

Kelas Inspirasi Bojonegoro, 2 Mei 2016

Daerah, bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan di Indonesia. Sarat dengan problema. Tidak jarang konflik timbul antara pusat dan daerah. Termasuk masalah pembangunan bidang-bidang fundamental salah satunya pendidikan. Pasalnya, belum banyak yang menyadari bahwa sedemikian pentingnya pendidikan yang bertujuan untuk memanusiakan manusia. Bukan hanya kognitif semata, tapi afeksi, moral dan pendidikan dalam pelajaran hidup lainnya. Hati ini yang menggerakkan untuk melangkahkan kaki menuju Bojonegoro, di hari pembuka di bulan Mei yang lalu. Tiba di Surabaya pk 07.00 setelah pagi hari saya mengambil flight pagi dari Soekarno-Hatta, saya naik bus Damri dari bandara Juanda menuju Bungur, sampai di Bungur pk 8.15. Di Bungur, saya mengambil bus jurusan Bojonegoro. Perjalanan hari itu sangat menyenangkan, tidak terlalu ramai, naik bus di daerah yang cukup asing buat saya, tapi saya sungguh sangat menikmatinya. Menyenangkan sekali naik bus antar kota di Jawa Timur. Saya tiba di termi