Langsung ke konten utama

Indahnya Menghidupi Mimpi

“Indahnya Menghidupi Mimpi”
God save our gracious Queen,
Long live our noble Queen,
God save the Queen!
Send her victorious,
Happy and glorious,
Long to reign over us,
God save the Queen.

Kutipan lagu kebangsaan Inggris ini membayang terus dalam pikiran saya saat sejenak saya meluangkan waktu membuat tulisan ini. Bagaimana tidak? Dengan komposisi harmoni musik yang indah, bagi saya “God Save The Queen” lagu kebangsaan Inggris ini adalah lagu kebangsaan terindah kedua dari seluruh lagu kebangsaan negara dunia (setelah Indonesia Raya, lagu kebangsaan negara kita tercinta tentunya J). Negara monarki yang dipimpin oleh Ratu Elisabeth II ini merupakan salah satu negara, yang bagi saya dan sebagian anak-anak muda Indonesia tempat yang diidamkan untuk mencari ilmu, menggapai harapan dan mimpi kita, untuk belajar banyak hal di negara ini, agar nantinya kami dapat menyumbangkan ide dan gagasan yang berguna bagi tanah air kami.

Tercetus dalam bayangan saya pertama tujuan orang dari seluruh dunia mencari ilmu adalah Oxford University, Nottingham University, dan universitas lain di Inggris yang mendapat peringkat universitas terbaik di dunia. Negeri yang berperan penting dalam perkembangan dunia industri, sains, dan ilmu pengetahuan tidak habis-habisnya menawarkan suatu dasar filosofis untuk suatu penemuan peradaban baru yang menarik pelajar dari seluruh belahan dunia.

Dari universitas terkemuka di dunia, saya mengalihkan pikiran ke tempat bersejarah lainnya, yaitu Big Ben, sebuah menara jam yang indah di samping Gedung Parlemen Westminster di London. Terkadang berpikir apakah Indonesia bisa memiliki parlemen yang secara kualitas bisa seperti di Inggris, yang etos kerjanya lebih pada pelayanan ke masyarakat, dibanding hanya sekedar bagi-bagi jatah dalam proyek atau fokus pada kekuasaan lainnya? Hehe. Tentu Indonesia ke depannya bisa lebih baik dari birokrasi, pendidikan ataupun aspek kesejahteraan masyarakat lainnya. Jangan pernah habis harapan. J

Setiap negara pasti memiilki keunikannya masing-masing. Ada negara yang indah karena alamnya, ada yang indah karena gedung-gedungnya, atau wisata kuliner dan tempat berbelanja. So, every country has its own beauty. J Keindahan di negeri bersistem parlementer ini tentunya memiliki keindahan yang berbeda dengan negara Eropa dan negara lainnya di dunia.

Ingat Inggris, ingat Buckingham Palace, kediaman resmi dari Ratu Inggris. Tempat ini merupakan saksi sejarah dari terjadinya peristiwa-peristiwa kenegaraan, kunjungan tamu negara dan hal bersejarah lainnya. Desain arsitektur bangunannya yang menawan memikat seluruh pengunjung negara yang berperan besar dalam Revolusi Industri ini. Ingin sekali melihat pesonanya. Ingat sejarah, sejenak teringat pertempuran Trafalgar, dimana saat itu kapal perang AL Inggris memenangkan Perang Napoleon. Maka, peristiwa itu diperingati dan disimbolkan oleh monumen di tengah Trafalgar Square. Menarik untuk kita lihatJ Sebagai anak muda, tentu kita tak boleh melupakan peristiwa yang menjadi tonggak dari sejarah dunia.

Musik dan seni juga merupakan karya indah dalam peradaban manusia. Menari, bernyanyi, bermain musik dan melihat karya seni lainnya adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan hidup kita selain dari pada segi kognitif. Beberapa kali menampilkan budaya Indonesia di Spanyol dan Brazil membuat saya berkeinginan untuk melakukan hal itu lagi. Ingin sekali jika berhasil pergi ke Inggris bisa menunjukkan budaya Indonesia lagiJ, membawanya dalam alunan musik atau tarian. Berkarya lewat seni dan musik adalah separuh hidup kita. Karya dan karsa yang membuat kita lebih menghidupi hidup kita secara mendalam.  Jadi terpikir untuk pergi ke Royal Albert Hall disana dan menonton pertunjukkan seni disana. Pasti seru sekali!

Ada perasaan yang begitu bahagia saat bisa menampilkan budaya Indonesia di luar negeri. Seperti memuji dan menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa lewat tarian dan musik yang saya persembahkan. Seni ialah sebuah keindahan, hasil karya dan karsa manusia bercampur di dalamnya.

Bermimpi untuk melanjutkan S2 Hukum di Oxford University, atau mengambil beberapa sertifikasi course di Inggris sambil menikmati indahnya negara ini menjadi salah satu impian saya. Mungkin terlihat mustahil, tapi saya selalu percaya melalui usaha dan doa yang keras, tiada yang mustahil. J Inggris memiliki sistem hukum yang berbeda dengan Indonesia, Inggris menganut common law, sedangkan Indonesia menganut civil law. Tetapi dasar dan filosofi ilmu yang dipelajari disini akan sangat bermanfaat untuk mempelajari pemahaman akan hukum dari akarnya.

Di usia saya yang ke-21 tahun ini, seperti remaja pada umumnya, tentu memiliki mimpi yang setinggi langit, banyak sekali hal-hal yang terlihat tidak mungkin, tapi teruslah bermimpi karena Tuhan yang akan memeluk mimpi-mimpi kita. Perjalanan awal dengan Mister Potato Indonesia bisa jadi menjadi pintu utama dari harapan ini kelak, mungkin suatu saat kembali untuk menggapai mimpi disini. 
                                                                  
Sponsor lomba ini dipersembahkan oleh Mister Potato Indonesia, terima kasih kepada Mister Potato membuat kami berkarya dalam tulisan dan berangan-angan seolah ini nyata. Seperti filosofi kentang yang merambat, seperti itulah hidup kita yang selalu mencari jalan, merambat, menemui rintangan, hambatan, bahkan kegagalan yang begitu menyakitkan, tapi teruslah tumbuh, belajar, merambat, pada akhirnya mencapai apa yang kita cita-citakan. J


Bukankah kita hidup di dunia ini untuk berjuang, bukan untuk sebuah kesenangan belaka? Tuhan sudah memberi kita tugas masing-masing sesuai porsinya, selalu lakukanlah yang terbaik.

Dentang lonceng di Westminster Abbey, paduan alunan lagu Beatles yang terus mengiang, (mungkin sekalian berkunjung ke Beatles MuseumJ) berjalan di sepanjang Trafalqar Square, melihat keindahan London Eye, mengunjungi King’s Cross Station di ujung London, stadion bola klub Liga Inggris, dan tempat memukau lainnya..rasanya tidak sabar ingin menjelajah negeri monarki konstitusional yang menjalankan sistem persemakmuran ini. Berangan-angan seperti ini membuatku bangkit dan mengambil tindakan serta jalani hidup yang ada sebaik mungkin. Percayalah semua indah pada waktuNya. J


The biggest adventure we can take is to live the life of our dreamsJ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISFIT Preparation

Semenjak pengumuman dr ISFIT Norway awal November lalu (saya ingat sekali tepatnya tanggal 4 November, saya sungguh hampir lupa saya pernah apply, saat itu saya sedang menginap di rumah teman saya Audrey sehabis bekerja hingga larut malam, saya sungguh tidak membayangkan ini terjadi tapi Tuhan membukakan jalan, semoga bisa mengerjakan dengan baik:D). Sebelumnya flashback sedikit tentang proses saya mendaftar. Saya mengetahui ISFIT dari beberapa teman di UI dan sahabat saya Septian yang menjadi delegasi ISFIT tahun 2013. Saat itu, saya melihat topik-topiknya, membaca websitenya di isfit.org. Sangat menarik. Topiknya berada di antara isu-isu sosial, politik, hukum, dan topik global lainnya. Cara seleksi untuk mengikuti ISFIT ini adalah dengan mengirim 2 esai (sebetulnya 3, tapi esai ketiga ini tidak wajib, dan itu jika ingin mendapat travel support, karena ISFIT hanya menanggung akomodasi dan transportasi selama disana, tiket pulang pergi dari negara tidak ditanggung). Karena samb

West-Central Java 2017

Cibinong-Raiser 2017 Tahun ini berkesempatan mengunjungi tempat ikan hias di Raiser (Pusat Pengembangan dan Pemasaran), Cibinong, sembari menyusun beberapa petunjuk teknis terkait kebijakan perlindungan HAM bersama rekan-rekan KKP. Tempat ini didirikan KKP dan LIPI sebagai upaya bersama pengembangan ikan hias di Indonesia. Alamat: Jalan Raya Bogor, Jakarta KM 47 Nanggewer, Cibinong http://lipi.go.id/berita/raiser-ikan-hias-cibinong-momentum-kebangkitan-bisnis-ikan-hias-indonesia/388 Sukamandi, Subang 2017 Momentum membahagiakan dan memberi motivasi bagi diri sebagai abdi negara saat mendampingi Staf Khusus menjadi pembicara di Balai Diklat Aparatur (BDA) Sukamandi, Subang.   Tempat ini juga merupakan salah satu balai riset KKP untuk penelitian udang galah, ikan lele mutiara, ikan nila srikandi, ikan mas mustika, ikan patin pasupati, gurame, dll. Lokasi: Patoek Beusi, Subang Pak Yunus dan induk lele 5 kg Pak Zulfikar dan Pak W

Kelas Inspirasi Bojonegoro, 2 Mei 2016

Daerah, bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan di Indonesia. Sarat dengan problema. Tidak jarang konflik timbul antara pusat dan daerah. Termasuk masalah pembangunan bidang-bidang fundamental salah satunya pendidikan. Pasalnya, belum banyak yang menyadari bahwa sedemikian pentingnya pendidikan yang bertujuan untuk memanusiakan manusia. Bukan hanya kognitif semata, tapi afeksi, moral dan pendidikan dalam pelajaran hidup lainnya. Hati ini yang menggerakkan untuk melangkahkan kaki menuju Bojonegoro, di hari pembuka di bulan Mei yang lalu. Tiba di Surabaya pk 07.00 setelah pagi hari saya mengambil flight pagi dari Soekarno-Hatta, saya naik bus Damri dari bandara Juanda menuju Bungur, sampai di Bungur pk 8.15. Di Bungur, saya mengambil bus jurusan Bojonegoro. Perjalanan hari itu sangat menyenangkan, tidak terlalu ramai, naik bus di daerah yang cukup asing buat saya, tapi saya sungguh sangat menikmatinya. Menyenangkan sekali naik bus antar kota di Jawa Timur. Saya tiba di termi